Serai wangi
Tanaman

Ini Dia 4 Cara Memilih Bibit Serai Wangi yang Unggul dan Bagus untuk Ditanam

Serai wangi merupakan tanaman yang sungguh-sungguh populer di Indonesia dan semenjak dulu terkenal sebagai salah satu rempah-rempah yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Tanaman ini masuk ke dalam variasi minyak atsiri dan minyak serai wangi dibuat dari proses penyulingan.

Serai wangi menjadi salah satu komoditas yang mempunyai harga stabil dan sungguh-sungguh menguntungkan bagi para petani, sebab dapat mendapat penghasilkan yang stabil.

Minyak serai wangi seringkali di pasarkan hingga keluar negeri, apalagi dengan perkembangan teknologi yang pesat membuat serai wangi sangatlah populer ke semua dunia.

Cara Memilih Bibit Serai Wangi

Cara Memilih Bibit Serai Wangi

1. Belilah bibit serai wangi di kios pertanian berlisensi

Membeli bibit serai wangi di kios yang mempunyai lisensi menjadi salah satu sistem aman yang dapat dilakukan, sebab kios berlisensi pasti memasarkan bibit-bibit favorit dan hindarilah pembelian bibit di tempat yang ilegal.

Ada pelbagai tips menjadi petani berhasil yang luar awam di indonesia dan dapat menghasilkan pelbagai tanaman yang berkualitas.

Pada dasarnya tanaman serai wangi merupakan tanaman yang gampang tumbuh di tanah, tapi untuk menghasilkan serai wangi yang memberikan banyak profit perlulah pelbagai teknik dalam proses pemeliharaannya. Pemilihan bibit yang bagus akan memutuskan tingkat kesuksesan panennya.

Baca juga: Cara Memilih Bibit Jahe Gajah yang Bagus dan Unggul

2. Ciri bibit yang bagus

Untuk menanam serai wangi, tentu haruslah melihat kepantasan bibit yang dipakai dan ada pelbagai ciri lahiriah yang perlu dipandang seperti mempunyai keadaan daun yang segar dan mempunyai bebauan yang khas. Dengan pemilihan bibit yang ideal, tentu akan sungguh-sungguh menguntungkan bagi para petani serai wangi.

Pemilihan bibit yang bagus menjadi salah satu sistem supaya petani indonesia lebih sejahtera dan mempunyai profit yang stabil setiap masa panennya.

Jangan lupa melakukan perawatan yang bagus dan tumbuh kembang serai wangi akan sungguh-sungguh terjaga dengan rutin melakukan penyiraman serta pembasmian pelbagai hama pengganggu.

3. Pilih media tanam yang ideal

Benih yang unggul tidaklah cukup untuk menghasilkan profit yang besar, sebab sepatutnya pula menerapkan media tanam yang ideal dan gunakanlah pelbagai pupuk alami sebagai asisten proses pertumbuhan serai wangi.

Ada pelbagai sistem menyuburkan tanah pertanian yang dapat dilakukan dan salah satunya merupakan dengan pencampuran tanah dengan pupuk sangkar.

Sebaiknya hindarilah pengaplikasian pupuk kimia pada bibit tanaman atau media tanam dan ada pelbagai alasan pupuk kimia dapat merusak tanah. Pupuk kimia mempunyai efek samping yang buruk bagi tanaman, sekiranya dipakai secara berlebihan dan dipakai dengan sistem yang salah.

4. Benih yang ideal dipindahkan ke media tanam

Benih yang paling ideal untuk segera ditanam ke tanah merupakan bibit yang mempunyai tinggi sekitar 15 cm dan mempunyai keadaan daun yang sehat atau tak layu.

Banyak orang yang bertanya, mengapa petani indonesia tak sejahtera dan tak mempunyai hasil yang stabil, salah satu alasannya merupakan pemilihan bibit tanaman yang kurang ideal.

Pemilihan bibit yang ideal mempunyai peranan yang sungguh-sungguh penting dan sungguh-sungguh berdampak kepada tumbuh kembang suatu tanaman. Perawatan yang bagus juga menjadi sebuah hal yang penting dilakukan, sebab dapat menghasilkan tanaman yang sehat dan jumlah panennya berlimpah. Hasil panen yang berlimpah, tentu menjadi keinginan semua petani.

Demikian ulasan komplit mengenai sistem memilih bibit serai wangi dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *